Selasa, 18 Desember 2012

Ini Alasannya Jangan Tahan Kencing Terlalu Lama [Berikut Tips]

Quote:Memang sudah lumrah dengan menahan kencing dengan berbagai alasan baik itu karena tidak sempat karena keperluan penting seperti rapat dikantor, sedang kuliah, ataupun juga karena tidak menemukan tempat untuk buang air kecil.
Quote:
Quote:Tapi taukah anda bahwa menahan kencing yang terlalu lama tidaklah baik untuk kesehatan tubuh kita, banyak penyakit yang mengintai kita. Dalam sebuah website fajar.co.id, Dr Hasyim Kasim SpPD-KGH menuturkan beberapa penyakit dapat dialami pada orang yang sering dan terbiasa dengan menahan kencing, penyakit tersebut antara lain:
Quote:1. Infeksi Ginjal
Kuman bisa saja akan menyerang ginjal apabila menahan kencing berjam- jam. Walaupun tidak biasa dialami namun apabila hal ini terjadi akan menyebabkan gangguan infeksi pada ginjal.

Quote:2. Merusak kandung kemih
Air kencing mengandung banyak zat racun, apabila ditahan terlalu lama pada kandung kemih zat- zat yang terkandung akan merusak saluran kemih kita.

Quote:3. Penyumbatan ureter ginjal
Ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat.


Quote:Bila sudah berjam-jam, kemudian kita keluarkan, tentunya ginjal dan keadaan tubuh kita terasa tidak enak atau sakit. Mungkin, Anda pernah mengalaminya. Namun, saya akan bagi-bagi tips nih, mengenai 10 Tips Aman Untuk Menahan Pipis. Seperti apa ya? Mari kita simak!
Quote:1. Tutup uretra

Kebanyakan orang akan melakukan ini secara otomatis ketika tiba-tiba kebelet pipis. Yang Anda lakukan hanya perlu mengencangkan otot di sekitar uretra dan berusaha menutupnya serapat mungkin.

Quote:2. Ganti posisi tubuh Anda

Posisi tubuh bisa membantu Anda mengencangkan otot-otot di sekitar kandung kemih. Jangan tekan bagian bawah perut Anda. Ini hanya akan menambahkan tekanan pada uretra.

Quote:3. Silangkan kaki saat berdiri

Jangan silangkan kaki saat duduk. Melakukan ini hanya akan membuat rasa sakit dan kemungkinan hilangnya kontrol pada kandung kemih. Membuka kaki dengan lebar justru bisa membuat Anda menahan pipis lebih lama. Sebaliknya, jika Anda dalam posisi berdiri, silangkan kaki Anda dna jangan buka terlalu lebar.

Quote:4. Duduk tegak tetapi santai

Jangan membungkuk. Angkat tubuh bagian atas Anda, dan duduklah dengan tegak. Punggung yang melengkung hanya akan memberikan tekanan pada kandung kemih, begitu juga dengan meregangkan perut. Jangan bersandar ke depan. Tarik bagian depan panggul Anda ke atas. Meski tegap, usahakan Anda tetap santai dan tidak menambah tegangan pada tubuh.

Quote:5. Tetap hangat

Jika memungkinkan, buat diri Anda tetap hangat. Anda bisa menggunakan selimut, menyalakan pemanas atau duduk bersama teman-teman. Suhu yang dingin akan membuat tubuh Anda semakin ingin pipis.

Quote:6. Jangan terlalu banyak bergerak

Hindari guncangan, getaran, atau gerakan tiba-tiba. Bergeraklah secara perlahan dan alami. Gerakan atau guncangan yang tiba-tiba bisa membuat kandung kemih kaget dan mengeluarkan urin yang sejak tadi berusaha Anda tahan.

Quote:7. Jangan banyak minum

Jangan terlalu banyak minum saat ingin buang air kecil. Usahakan tidak minum kecuali untuk menghindari dehidrasi atau ketika anda benar-benar haus.

Quote:8. Alihkan perhatian

Alihkan perhatian Anda dari pikiran menahan pipis pada hal-hal lainnya. Ketahuilah bahwa kandung kemih Anda tak akan tiba-tiba meledak. Tubuh memiliki refleks untuk mencegah cedera serius pada kandung kemih.

Quote:9. Jangan berpikir mengeluarkan sedikit akan membantu

Jangan berpikir bahwa mengeluarkannya sedikit saja akan membantu. Hal itu mustahil terjadi. Ketika Anda menyerah dan mengeluarkan sedikit urin, maka kandung kemih Anda tak akan berhenti.

Quote:10. Jangan tertawa atau memikirkan sesuatu yang lucu

Tertawa bisa menyebabkan otot-otot Anda berkontraksi. Ini akan membuat kandung kemih semakin tertekan. Anda akan semakin ingin pipis.


Quote:TS : Tetapi jika sudah mentok gan, mending buru deh buang tuh air dari pada bahaya,.. kalopun harus ke WC umum gak papalah ngalahin 1000 atau 2000 dari pada nanti kalo sudah terjadi hal-hal yang tidak di inginkan bisa berjut-juta malahan 

Semoga Bermanfaat gan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar