Selasa, 18 Desember 2012

Percakapan Ane Dengan Seorang Pemulung di Jogja. Bikin Nangis. (NYATA) (INSPIRATIF)

Quote:
Kapan hari, waktu malem-malem ane janjian sama temen yang mau pinjem duit gan.
Kita janjian ketemuan sekitar jam set 9 malem di bunderan UGM.
Setelah ambil duit di ATM, ane langsung capcus ke bunderan.
Ternyata temen ane itu belum juga nongol-nongol.
Akhirnya ane bengong dan celingukan disitu.
Di bunderan UGM, banyak orang pacaran, poto-poto, ada juga yang lagi makan di angkringan deket sana.
Nah, diantara semua itu, ane ngeliat bapak tua pake baju lusuh lagi duduk bareng sama anaknya (gendut banget).
Bapak itu lagi ngejahit bajunya, padahal baju yang dijahit itu sudah ga layak dipakai.
Yaudah, karena temen ane kaga juga nongol-nongol, ane berencana mau ngobrol sama bapak dan anak tadi.
Karena cuaca lagi dingin banget, ane beli aja kacang rebus sama kedelai buat bapaknya, pikir ane mereka pasti lapar, lumayanlaah buat cemilan 


Quote:
(Disinilah cerita itu dimulai)
A: Ane
P: Bapak Tua
Ane ceritain pake bahasa Indo langsung ya.

Quote:
Percakapan.
A: Rumahanya mana pak? (sambil ane jejerin duduk di sampingnya.)

P: (*Diem...agak lama.. ) Ga punya rumah mas

A: Walaah, La terus tidurnya bapak dimana?

P: Ya dimana mana, kadang di emperan toko, bunderan sini, macem-macem lah mas

A: *ane sodorin kacang sama kedelainya buat bapaknya.. ini pak, ada kacang sama kedelai, buat camilan dingin-dingin gini kan enak.

P: Waduh, kok repot repot mas. Terima kasih ya

A: iyaa pak. Sama sama. Maaf pak, hanya sedikit

P: Waaah, ini tu udah banyak banget mas

A: (*ane liatin anak bapaknya, dia keliatan autis dengan dunianya sendiri.. sama sekali ga ngeliat ane..disampingnya ada karung.. ) Kerjaan bapak apa?

P: Haa kerjaan saya hanya mulung mas.. Alhamdulillah bisa buat makan sama anak saya

A: Woalaah, saya kira bapak itu minta pak (*maksudnya ngemis..)

P: Hehehee.. *bapak itu hanya ketawa..

A: Bapak biasanya sehari dapet duit berapa pak?

P: Ga pasti mas, kalo waktu banyak rejeki ya alhamdulillah bisa makan prasmanan, kalo pas sedikit ya hanya secukupnya aja.

A: Woooh, ya yang penting bisa buat jalan pak.. kok ga nyewa kos aja? Saya pernah denger kalo di daerah UII itu ada kos-kosan murah banget pak, hanya 75rb apa 100rb ya. Saya agak lupa.

P: Hehehee.. buat makan aja susah mas, kok dibuat kos

A: la daripada tidur di jalan gitu pak.

P: Gapapa mas. Udah biasa.

A: Emang ga pernah diangkut satpol PP pak?

P: Ya sering mas.

A: walaah, sering? Terus kalo gitu dibawa kemana pak?

P: Ga pasti mas. Kadang dikasih makan, terus diberi pengarahan. Tapi yang paling sering ya ditaruh piyungan (tempat pembuangan sampah).

A: walaah, piyungan deket wonosari sana?

P: iya mas.

A: La terus kalo ditaruh sana itu dimana pak?

P: ya diturunin aja rame-rame sama pengemis dan pemulung lain, terus ditinggal.

A: Ditinggal?? La kok bisa kesini lagi pak?

P: ya jalan kaki mas. Kan cari makan yang penghasilannya lumayan disini. Banyak kaleng.

A: *dalam hati ane miris banget gan  pemerintah sampe sebegitunya menghadapi para pemulung kaya mereka ini. Seenaknya aja maen buang 
Anaknya umur berapa pak?

P: wooh itu udah tua kok mas. Dia keterbelakangan mental.

A: Astaghfirullah.. jadi ga bisa bantu-bantu bapak mulung?

P: ya ga bisa, dia Cuma ikut aja.

A: ealaah. kok ga cari pekerjaan lain pak?

P: hehee. Ga kuat mas. Mulung aja saya.

A: ga kuat kenapa? Bapak kan masih keliatan agak seger.

P: ga kuat mas.

A: ga kuat kenapa pak? *ane tanya sekali lagi

P: (Bapak itu hanya diem)

A: (karena penasaran, ane tanya lagi) ga nyoba ngemis aja pak? Kan penghasilannya lumayan.

P: Engga mas.

A: La kenapa pak?

P: Saya masih kuat mulung (sambil ngejahit bajunya lagi).

A: (Dalam hati ane, subhanallah.. bapak ini meski hidupnya bisa dibilang susah, dia tetep nolak ngemis) Kan duitnya banyak pak, saya pernah lihat orang yang ngemis itu sehari dapet +- 50rb lo pak. Malah ada yang sampe 200an ribu.

P: Saya ga suka minta orang mas. Masih kuat kerja. Meski Cuma mulung.

A: (ane cuma diem, salut sama bapak ini, dia ga seperti pengemis-pengemis yang bermodalkan tampang memelas untuk cari uang, bapak ini lebih memilih kerja keras)
Mmmh.. kenapa ga kerja yang lain aja kalo gitu pak? Cari hasil yang lebih banyak.

P: Kaki saya yang ga kuat mas. Ini sebenarnya saya pincang. Dulu pernah kerja jadi kernet truk, terus jatuh, kaki saya patah. Dioperasi, terus dikasih platina. makanya saya mulung aja.

A: Masya Allah.. kok bapak ga istirahat aja..

P: La kalo saya istirahat, siapa yang ngasih makan anak saya?

A: (Ane Cuma diem)

P: Ini harusnya platina-nya juga waktunya dicabut dari beberapa tahun yang lalu. Tapi saya ga punya uang, yaudah akhirnya nempel terus. Kaki saya makin hari makin sakit. Yasudah saya mulung saja. Daripada nanti dimarahi bosnya terus karena saya lelet.

A: *ane mulai iba gan 
La terus ibunya kemana pak?

P: Ibunya pergi mas.

A: Pergi gimana pak maksudnya?

P: Ya pergi mas, saya sama ibunya cerai. Dia bawa anak saya satunya.

A: anak satunya tapi normal?

P: iyaa, dia yang normal. Yang ini keterbelakangan mental

A:  lagi (ane mikirnya pasti gara gara bapaknya ini sakit dan ga kuat kerja lagi, terus istrinya minta cerai, terus pergi bawa anaknya yang ga cacat  sedangkan nasib bapak ini begini begini saja)
yang sabar ya pak.. sambil agak mewek 

P: iya mas, ya beginilah hidup, kadang bahagia, kadang engga.

A: kadang muter dimana aja pak?? (berharap suatu saat nanti bakal ketemu lagi, terus ane bantu seadanya)

P: di seluruh jogja mas. Malioboro, UGM, muter-muter terus lah.
Saya juga pernah ke semarang.

A: waah, naik apa pak ke semarang?

P: yaa jalan kaki, mau naik apa lagi to mas. Wong uang saya aja ga punya.

A: jalan kaki sampe semarang? Jogja semarang?!!

P: iyaa mas. Sambil mulung dijalan.

A: ke semarang ngapain pak?

P: yaa ada keperluan

A: (Ane  gan.. bapak itu ke semarang jalan kaki dengan keadaan kakinya yang dibilang pincang gara-gara platinanya belum dicabut dan dia ga pernah ngeluh)

Habis itu temen ane muncul, akhirnya saya pamitan sama bapaknya.

A: pak, saya pamit dulu yaa. Itu temen saya udah dateng. Saya ada keperluan bentar. (sambil ane salaman, ane selipin uang 20rb buat bapaknya)

P: makasih banyak ya mas. Jadi ngrepotin.

A: gapapa pak. Saya juga jadi belajar banyak. Saya pamit ya pak. Salam buat anaknya.

P: iyaa mas. Terima kasih sekali lagi. Semoga tuhan yang balas.

A: makasih ya pak. (sambil pergi ane nangis gan )


Quote:
Sungguh besar kuasa tuhan.
Bapak itu diberi kesabaran dan tanggung jawab yang luar biasa.
Dia tidak pernah ngeluh ataupun marah dengan keadaannya.
Meski banyak banget cobaan, seperti ditinggal istri, kakinya yang cacat, anaknya yang keterbelakangan mental, dll. Dia tetep tabah.
Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi agan-agan kaskuser lain agar senantiasa selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang.
Dijaga baik-baik dan jangan lupa untuk saling berbagi kepada orang yang benar-benar membutuhkan.
Karena ga selamanya kita hidup itu diatas terus dan kita pasti suatu saat membutuhkan bantuan orang lain juga, jadi janganlah sombong dengan apa yang kita miliki sekarang. itu semua cuma sementara.


Quote:
Pesan yang dapat diambil.
-jangan lupa untuk bersedekah gan. Karena banyak orang yang masih membutuhkan bantuan kita

-pemulung lebih terhormat daripada pengemis, mereka masih mau berusaha tanpa harus meminta, meski pemulung itu cacat. Sedangkan pengemis hanyalah sekumpulan orang malas yang hanya berharap belas kasihan orang tanpa ada usaha sedikitpun

-jangan selalu menyerah dengan keadaan, seburuk apapun itu! karena sebenarnya masih banyak yang lebih susah dari kita, namun dia masih tetap bisa bersabar dan berusaha memperjuangkan hidup.

-selalu bersyukur dengan keadaan yang kita punya.



Sekian cerita ane.
Ane sering ngobrol sama orang orang jalanan, pemulung, anak yatim, dll.
Alhamdulillah bisa bantu dikit.
Tapi bagi ane, ini yang paling menyentuh.
Makanya ane share.

Semoga agan agan sekalian belajar dari kisah ini.
Semoga juga ane masih bisa ketemu bapak-bapak itu lagi dan membantu seperlunya.
Barang kali temen temen kaskuser kalo yang liat bapak itu juga mau bantu.
Ada fotonya.
Biar agan-agan ga salah orang kalo mau bantuin bapak tadi

Bayangkan jika agan yang ada di posisi bapak tadi 
Jangan lupa untuk berbagi.


Ga menolak kalo dikasih 
Tapi tolong jangan dibata 
Tolong di  juga ya gan
Terima kasih. Sekian dari ane. Wassalam.


UPDATE FOTO BAPAKNYA




INI FOTO ANAKNYA




Spoilerfor donasi untuk bapaknya




ini ane Repost lho gan! jadi ane berbagi pengalaman dia lewat Repost yah


link nya nih http://www.kaskus.co.id/thread/509912f0e374b434040000a8/percakapan-ane-dengan-seorang-pemulung-di-jogja-bikin-nangis-kisahnya-nyata/



dan ini ane gan http://www.kaskus.co.id/profile/4970147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar